Siapkah Indonesia Secara Budaya Menghadapi Modernisasi?

00.55

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai apakah Indonesia secara budaya siap menghadapi modernisasi? ditambah pula dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.
Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masayarakat yang lebih maju, berkembang dan makmur. Menurut Wilbert E Moore yang menyebutkan modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan poltis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil. Sementara menurut J W School, modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya. Dari dua pendapat tersebut didapatkan bahwa modernisasi adalah transformasi atau perubahan.
Negara Indonesia sekarang ini mengalami modernisasi ditengah arus globalisai. Hal tersebut mengakibatkan masuknya pengaruh luar terhdapap seluruh aspek kehidupan bangsa.  Salah satu aspek yang terpengaruh adalah kebudayaan. Terkait kebudayaan, kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masayarakat terhadap berbagai hal. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah , yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akan manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata Culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Perubahan budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur budaya manusia, baik berupa artefak, benda ataupun ide/gagasan. Perubahan budaya saat ini sudah terlihat pada kehidupan bangsa Indonesia, terutama kaum muda sebagai generasi penerus bangsa. Banyak para generasi Indonesia yang telah terpengaruh budaya dari luar. Contohnya dari gaya berpakaian, cara bergaul, etika dan moral. Dari gaya berpakaian yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang ketimur-timuran. Sex bebas yang sudah menjadi suatu hal yang biasa, serta kurangnya moral dan etika. 
Hal-hal tersebut merupakan sisi negatif dari dampak modernisasi. Meskipun berdampak negatif, tentunya memiliki sisi positif diantaranya perubahan pada pola pikir serta berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun jika dibandingkan antara sisi positif dan negatif dari modernisasi, lebih banyak berdampak negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia secara budaya tidak siap menghadapi modernisasi.

Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

You Might Also Like

0 komentar