Tips UTS!

07.55

Hai-hai !! kali ini saya sedikit berbagi informasi mengenai UTS di universitas Gunadarma.

Rentang waktu UTS itu sendiri hampir satu bulan. Dimana dalam satu minggu ada 2-3 kali pertemuan *tergantung jurusan. Ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk kalian.


  • Datang Tepat Waktu
Diusahakan untuk datang tepat waktu. Batas untuk keterlambatan yaitu 30 menit, lebih dari itu peserta dilarang masuk ke ruang ujian. Untuk jaga-jaga, diusahakan datang 1 jam sebelum UTS. 
Bagi pengguna krl seperti saya, jika krl mengalami gangguan dan menyebabkan kalian terlambat, minta surat keterangan dari petugas krl. Surat tersebut nanti diberikan kepada pengawas. Konsekuensinya tidak ada penambahan waktu. Jadi jika kalian masuk ke ruangan 30 menit sebelum ujian selesai, maka kalian hanya punya waktu 30 menit untuk mengerjakan soal.

  • Bawa alat tulis yang lengkap
Usahakan alat tulis kalian lengkap agar pada saat ujian tidak meminjam pada orang lain. Ditakutkan pengawas mikir yang lain-lain (*dibaca : nyontek). Biasanya setelah itu pengawas akan memperhatikan kalian.

  • Usahakan hadir
Ada beberapa hal yang diperbolehkan peserta tidak hadir yaitu ada anggota keluarga yang meninggal (dalam satu kartu keluarga), pergi beribadah haji atau umrah, dan sakit dirawat inap *itu yang saya tau. Selain 3 hal itu kalian akan sulit mendapat ujian susulan. Jika kalian tidak ujian susulan, maka nilai kalian D *katanya. Jadi usahakan hadir ya!

  • Jangan nyontek
Usahakan pada saat ujian tidak menyontek, karena jika sampai pengawas tau, nama kalian akan ditulis di berita acara. Imbasnya pada nilai kalian menjadi E.
Tergantung pengawasnya juga, ada pengawas yang biasa aja, tau-tau nama kalian ada di berita acara. Ada juga pengawas yang memberi peringatan seperti "Udah nyonteknya?" , " Sekali lagi saya liat kamu nyontek, saya tulis nama kamu di berita acara". 
Ada juga pengawas yang bener-bener pengawas ?!, seperti "Kerjakan sendiri!" "Jangan nyontek ya!" "Kamu yang dibelakang, pindah ke depan". Biasanya yang benar-benar pengawas, hobinya jalan-jalan atau duduknya pindah-pindah. Yang awalnya di depan, bisa ke belakang.
Intinya jangan nyontek biar kalian aman :p

Sekian dari saya, semoga postingan ini bermanfaat ya!! 

You Might Also Like

1 komentar