Perkembangan Bisnis Teknologi Dunia

05.39


Berbicara mengenai teknologi tentu tidak ada habisnya. Di tengah perkembangan zaman yang semakin modern, teknologi semakin berperan dalam kehidupan sehari-hari.
Riset dan pengembangan merupakan pendorong utama bisnis teknologi. Dalam pengembangannya dilakukan inovasi secara berkesinambungan. Dimulai dari usaha skala kecil atau menengah dapat berpotensi menjadi bisnis raksasa.


Perkembangan ini dibagi dalam 4 gelombang yaitu :

  • Gelombang Pertanian (800M - 1500M)
Pada gelombang pertama berkembang teknologi pertanian, ditandai dengan manusia yang masih menggunakan energi alam, seperti air,angin dan matahari. Jika sebelumnya manusia masih berpindah-pindah (nomaden), pada masa ini manusia menetap di suatu tempat dan menerapkan teknologi tersebut.
Peralatan yang digunakan masyarakat untuk bertani masih menggunakan tangan. Tingkat kemakmuran pada saat itu diukur dari jumlah hasil panen dan luas tanah yang dimiliki.

  • Gelombang Industri (1500M- 1970M)

  • Gelombang kedua yaitu gelombang industri, dimana perkembangan industri menjadi pesat (revolusi industri). Hal ini ditandai dengan adanya penemuan mesin cetak dan mesin uap. 
    Sebelum terjadinya revolusi industri, kebanyakan masyarakat tinggal dipedesaan dan bermata pencaharian sebagai petani. Hasil dari bertani hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  
Pada masa ini hampir setiap aspek kehidupan dipengaruhi revolusi industri khususnya pada pendapatan rata-rata masyarakat yang berkelanjutan dimana tidak terjadi sebelumnya. Selain itu terjadi urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota dan pembangunan kota besar. Tingkat kemakmuran pada masa ini diukur pada penguasaan baja, industri,batu bara dan transportasi. 

  • Gelombang Produksi Masal
Pada gelombang ketiga terjadi produksi massal dimana produksinya berbasis konsumen. Maksud dari berbasis konsumen adalah produk yang dihasilkan sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam produksi berbasis konsumen melibatkan para konsumen dalam berinovasi, karena perusahaan menyadari bahwa pada intinya selalu membutuhkan konsumen demi mendapatkan hasil yang optimal. 

  • Gelombang Baru Bisnis Teknologi


Pada gelombang ini terjadi perkembangan teknologi yang pesat. Sebagai contoh diciptakannya komputer. Dalam sejarahnya, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
Generasi pertama (1946-1959) memiliki ciri khas yaitu tabung hampa udara sebagai penguat signal. Generasi kedua (1959-1964) yang memiliki ciri khas yaitu transitor. Generasi ketiga (1964-1970) menggunakan IC (Integrated Sircuit). Generasi keempat (1970-1990) menggunakan LSI (Large Scala Integrated). Generari kelima (sejak 1990-an) menggunakan VLSI (Very Large Scale Integrated). Generasi kelima dikenal juga dengan generasi pentium.  
Selain itu diciptakan sistem operasi Windows oleh Bill Gates dan lain-lain.



You Might Also Like

0 komentar