Tahapan Pengembangan Usaha

07.38


Pengembangan usaha adalah tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas (Anoraga, 2007:66). Suatu bisnis atau usaha sebelum menjadi sukses tentu mengalami tahapan pengembangan usaha. Tahapan pengembangan usaha ini perlu di mengerti oleh calon entrepreneur. 
Perlu diketahui ada beberapa tahapan mengenai pengembangan usaha, yaitu sebagai berikut :

Tahapan Pengembangan Usaha


  • Ide Usaha
Dalam mengembangan suatu usaha, pertama kali yang perlu diperhatikan yaitu ide usaha. Ide usaha merupakan akar agar suatu usaha atau bisnis dapat tercipta. Ide usaha harus dibuat semenarik mungkin agar nantinya produk atau jasa yang akan dikembangkan menarik konsumen.
Sumber ide usaha dapat berasal dari hobi yang digeluti, berdasarkan keahlian yang dilatar belakangi pendidikan atau warisan turun-temurun.
Ide usaha juga perlu memperhatikan keinginan/kebutuhan konsumen dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Jika ide usaha tidak sesuai dengan keinginan/kebutuhan konsumen, maka usaha tersebut sulit berkembang.


  • Kelayakan
Setelah mendapat ide usaha, maka perlu dipikirkan apakah usaha yang akan dikembangkan nanti layak untuk dipasarkan. Apakah berdampak baik untuk konsumen? Maka perlu dipertimbangkan kembali dampak dari usaha/bisnis tersebut. 
Selanjutnya setelah dipertimbangan kelayakannya, usaha atau bisnis dapat di implementasikan.


  • Implementasi
 Setelah usaha atau bisnis terkonsep dengan baik, maka dapat usaha tersebut diimplementasikan. Dalam kegiatan implementasi, seorang entrepreneur mengarahkan sumber daya apa saja yang dibutuhkan pada saat menjalankan usaha tersebut. Seperti modal yang dibutuhkan,tenaga kerja dan lain-lain.


  • Presentasi
Setelah ketiga tahapan selesai, selanjutnya entrepreneur mempresentasikan usaha/bisnis yang akan dijalankan. Presentasikan usaha/bisnis secara menarik karena hal tersebut dapat menarik konsumen.

You Might Also Like

0 komentar